Bimtek DPRD

Bimtek DPRD

Bimtek DPRD Tahun 2024

Kepada Yth,

Ketua DPRD/Sekretaris Dewan (DPRD) Se-Indonesi

Puji dan Syukur kita panjatkan kekhadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk tetap bekerja dan berkarya mengemban amanah sebagai makhluk-Nya yang sempurna.

Bimtek DPRD >Seiring kemajuan teknologi dewasa ini khususnya dibidang teknologi informasi yang memiliki aksebilitas tinggi dalam mengeksplorasi budaya di dunia tentunya harus bisa disikapi secara arif dan bijaksana sehingga kita bisa memanfaatkannya secara positif sebagai daya dukung kebutuhan era globalisasi.

Bimtek DPRDDiklat dan Bimtek DPRD sangat dibutuhkan untuk meningatkan kapasitas, fungsi anggota Dewan, kapasitas, peran dan fungsi anggota, Orientaasi Pengelolaan Dana Reses, Optimalisasi Tugas dan Tanggung Jawab Alat Kelengkapan Dewan.

Lembaga Pendidikan Pelatihan Pemerintahan Daerah ( LP3D ) sebagai  penyelenggara training,  diklat  atau Bimtek Anggota Dewan mengajukan undangan Bimtek, Diklat dan Sosialisasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Materi Bimtek DPRD 2024

Materi Diklat/Bimtek yang dapat dijadikan pilihan para peserta bimtek atau diklat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah antara lain sebagai berikut :

  1. Bimtek Peningkatan kapasitas, peran dan fungsi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  2. Tata Cara Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah/Janji Anggota DPRD Masa Bakti 2019 – 2024 Serta Peran SETWAN Dalam Penguatan Kelembagaan Secretariat DPRD
  3. Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Kabupaten, dan Kota Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018
  4. Optimalisasi reses & pokok pikiran DPRD hasil Jasmara
  5. Pelayanan Prima Sekretariat DPRD Terhadap Pimpinan dan Anggota DPR
  6. Implementasi Permendagri Nomor 56 Tahun 2019 tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten Kota termasuk atau Penyuluhan Roadmap dan Grand Design Reformasi Birokrasi
  7. Hak Dan Kewajiban, Serta Uang Jasa Pengabdian Bagi Anggota DPRD Pada Akhir Masa Bakti
  8. Peningkatan Kapasitas dan Kemampuan Sekretariat DPRD Dalam Menunjang Tugas Pokok dan Fungsi Pimpinan dan Anggota Dewan Didaerah
  9. Tehnik Penyusunan Peraturan Perundang Undangan / Legal Drafting bagi Bagian Hukum Pemerintah Daerah dan DPRD.
  10. Praktek Penyusunan Peraturan Perundang Undangan/ Legal Drafting bagi Bagian Hukum Pemerintah Daerah dan DPRD.
  11. Prosedur Pembentukan Produk Hukum Daerah Berdasarkan PERMENDAGRI 120 Tahun 2019 Tentang Penyusunan Produk Hukum
  12. Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon
  13. Optimalisasi Fungsi dan Wewenang DPRD dalam Proses Penyusunan dan Penetapan
  14. Optimalisasi Peran DPRD dalam Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Pembangunan
  15. Lanjutan Materi
  16. Optimalisasi Reses & Pokok Pikiran DPRD
  17. Optimalisasi Tugas dan Tanggung Jawab Alat Kelengkapan
  18. Orientasi Pengelolaan Dana Hibah Dan Dana Bantuan Sosial Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten.
  19. Kapasitas, Peran dan Fungsi Anggota DPRD
  20. Peningkatan Kapasitas, Peran dan Fungsi Anggota
  21. Peran Bamus, Balegda, dan Badan Kehormatan dalam Meningkatkan Kinerja
  22. Tata Cara Penyusunan dan Pengelolaan serta Proses Akuntansi Keuangan DPRD dan Sekretariat
  23. Optimalisasi Peran DPRD Dalam Penganggaran dan Pengawasan Serta Pembuatan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota.
  24. Orientasi Pengelolaan Dana Reses Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten.
  25. Pedoman Pelaksanaan Fungsi Fungsi
  26. Pelayanan Prima Sekretariat DPRD Terhadap Pimpinan dan Anggota DPRD serta Proses Akuntansi Keuangan
  27. Penguatan Hard dan Soft Skill bagi Anggota DPRD
  28. Pedoman Nomenklatur Sekretariat
  29. Teknis dan Metode Penyusunan SOP Sekretariat Dprd dalam Rangka Mendukung Kinerja Pelayanan yang Sistematis dan Efaktif.
  30. Optimalisasi Peran dan Fungsi DPRD dalam Bidang Legislasi, Budgeting dan Pengawasan yang orientasi pada Kepentingan Rakyat.
  31. Optimalisasi Peran Dan Fungsi Badan Legislasi DPRD Dalam Pembentukan Dan Program
  32. Prosedur Dan Mekanisme Pelaksanaan Perjalanan Dinas Dan Kegiatan Reses
  33. Peningkatan Kapasitas Dan Kapabilitas Aparatur Sekretariat DPRD Terhadap Manajemen Persidangan, Risalah/
  34. Optimalisasi Tugas Pokok dan Fungsi Lembaga Kesekretariatan DPRD Terkait Dengan Kedudukan Keuagan Protokoler DPRD.
  35. Peningkatan Kapasitas Dan Kapabilitas Serta Peran dan Fungsi Aparatur Sekretariat DPRD Dalam Menunjang Kegiatan Dewan.
  36. Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten Dan Kota Berdasarkan PP No. 12/2018.
  37. Bimtek Pedoman Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 Berdasarkan Permendagri Nomor 40 Tahun 2020.
  38. Peningkatan Kapasitas Dan Kapabilitas Serta Peran dan Fungsi Aparatur Sekretariat DPRD Dalam Menunjang Kegiatan Dewan.
  39. Sosialisasi Perpres Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Standar Harga Satuan Regional (SHSR).
  40. Mekanisme Pemberian Hibah Dan Bantuan Sosial Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Pasca Terbitnya Permendagri Nomor 99 Tahun 2019.
  41. Materi Selanjutnya
  42. Peran DPRD Dalam Perencanaan Dan Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah Serta Penyusunan LKPJ, LPPD Dan EKPPD.
  43. Implementasi Permendagri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan
  44. Optimalisasi Tugas Pokok & Fungsi Lembaga Kesekretariatan DPRD Terkait dengan Kedudukandan Keuangan Protokoler
  45. Optimalisasi reses & pokok pikiran DPRD hasil Jasmara ( Penjaringan Aspirasi Masyarakat ).
  46. Contoh Optimalisasi Fungsi dan Wewenang dalam Proses Penyusunan dan Penetapan APBD
  47. Bidang Optimalisasi peran DPRD dalam perencanaan dan evaluasi kinerja pembangunan daerah
  48. Untuk Bimtek Optimalisasi Tugas dan Tanggung Jawab Alat Kelengkapan
  49. Tata cara Orientasi Pengelolaan Dana Hibah Dan Dana Bantuan Sosial Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten
  50. Petunjuk Peningkatan kapasitas, peran dan fungsi anggota DPRD
  51. Hasil Peran Bamus, Balegda, dan Badan Kehormatan dalam Meningkatkan Kinerja DPRD
  52. Bimtek Tata Cara Penyusunan dan Pengelolaan serta Proses Akuntansi Keuangan DPRD dan Sekretariat
  53. Bimbingan teknis Optimalisasi Peran DPRD Dalam Penganggaran dan Pengawasan Serta Pembuatan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota
  54. Orientasi Pengelolaan Dana Reses Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten
  55. Pedoman Pelaksanaan Fungsi Fungsi DPRD
  56. Pendidikan Pelayanan Prima Sekretariat DPRD Terhadap Pimpinan dan Anggota DPRD
Bimtek DPRD 2024

Dalam rangka peningkatkan kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi dan Kab/Kota, bermaksud menyelenggarakan Orientasi dan Pembekalan untuk Anggota dan Sekretariat DPRD, untuk itu kami dari Lembaga Pendidikan Pelatihan Pemerintahan Daerah (LP3D) Bersama Para Pakar dan Nara Sumber akan mengadakan Bimtek dprd Tingkat Nasional tersebut.

KONFIRMASI PENDAFTARAN:

Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Pemerintah Daerah (LP3D)

  • Sekretariat: Jl.Kalibaru Barat No.7 Jakarta Utara
  • Email: materibimtek1212@gmail.com
  • Hp: 0821-5255-5525
  • Wa: 0821-5255-5525

CATATAN:

Kontribusi:

  • 4.500.000 (Bagi Peserta Yang Menginap)
  • 3.500.000 (Bagi Peserta Yang Tidak Menginap)

Fasilitas Peserta:

  • Pelatihan Selama 2 hari.
  • Menginap 3 malam Twin share(Bagi peserta Yg Menginap).
  • Tanda Peserta Bimtek.
  • Konsumsi (Breakfas 3x, Coffee Break 2x , lunch & Dinner) Selama Bimtek Berlangsung.
  • Kelengkapan Bimtek(Pena/Pensil,Note Book dan Makalah serta SERTIFIKAT BIMTEK).
  • Tas Ransel Eksklusif-Konfirmasi Selambat-lambatnya Lima Hari Sebelum Hari Pelaksanaan.

Jadwal Bimtek Lp3d Tahun 2024