Bimtek DPRD Tahun 2024
Kepada Yth,
Ketua DPRD/Sekretaris Dewan (DPRD) Se-Indonesi
Puji dan Syukur kita panjatkan kekhadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk tetap bekerja dan berkarya mengemban amanah sebagai makhluk-Nya yang sempurna.
Bimtek DPRD >Seiring kemajuan teknologi dewasa ini khususnya dibidang teknologi informasi yang memiliki aksebilitas tinggi dalam mengeksplorasi budaya di dunia tentunya harus bisa disikapi secara arif dan bijaksana sehingga kita bisa memanfaatkannya secara positif sebagai daya dukung kebutuhan era globalisasi.
Diklat dan Bimtek DPRD sangat dibutuhkan untuk meningatkan kapasitas, fungsi anggota Dewan, kapasitas, peran dan fungsi anggota, Orientaasi Pengelolaan Dana Reses, Optimalisasi Tugas dan Tanggung Jawab Alat Kelengkapan Dewan.
Lembaga Pendidikan Pelatihan Pemerintahan Daerah ( LP3D ) sebagai penyelenggara training, diklat atau Bimtek Anggota Dewan mengajukan undangan Bimtek, Diklat dan Sosialisasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
Materi Bimtek DPRD 2024
Materi Diklat/Bimtek yang dapat dijadikan pilihan para peserta bimtek atau diklat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah antara lain sebagai berikut :
- Bimtek Peningkatan kapasitas, peran dan fungsi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
- Tata Cara Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah/Janji Anggota DPRD Masa Bakti 2019 – 2024 Serta Peran SETWAN Dalam Penguatan Kelembagaan Secretariat DPRD
- Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Kabupaten, dan Kota Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018
- Optimalisasi reses & pokok pikiran DPRD hasil Jasmara
- Pelayanan Prima Sekretariat DPRD Terhadap Pimpinan dan Anggota DPR
- Implementasi Permendagri Nomor 56 Tahun 2019 tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten Kota termasuk atau Penyuluhan Roadmap dan Grand Design Reformasi Birokrasi
- Hak Dan Kewajiban, Serta Uang Jasa Pengabdian Bagi Anggota DPRD Pada Akhir Masa Bakti
- Peningkatan Kapasitas dan Kemampuan Sekretariat DPRD Dalam Menunjang Tugas Pokok dan Fungsi Pimpinan dan Anggota Dewan Didaerah
- Tehnik Penyusunan Peraturan Perundang Undangan / Legal Drafting bagi Bagian Hukum Pemerintah Daerah dan DPRD.
- Praktek Penyusunan Peraturan Perundang Undangan/ Legal Drafting bagi Bagian Hukum Pemerintah Daerah dan DPRD.
- Prosedur Pembentukan Produk Hukum Daerah Berdasarkan PERMENDAGRI 120 Tahun 2019 Tentang Penyusunan Produk Hukum
- Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon
- Optimalisasi Fungsi dan Wewenang DPRD dalam Proses Penyusunan dan Penetapan
- Optimalisasi Peran DPRD dalam Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Pembangunan
- Lanjutan Materi
- Optimalisasi Reses & Pokok Pikiran DPRD
- Optimalisasi Tugas dan Tanggung Jawab Alat Kelengkapan
- Orientasi Pengelolaan Dana Hibah Dan Dana Bantuan Sosial Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten.
- Kapasitas, Peran dan Fungsi Anggota DPRD
- Peningkatan Kapasitas, Peran dan Fungsi Anggota
- Peran Bamus, Balegda, dan Badan Kehormatan dalam Meningkatkan Kinerja
- Tata Cara Penyusunan dan Pengelolaan serta Proses Akuntansi Keuangan DPRD dan Sekretariat
- Optimalisasi Peran DPRD Dalam Penganggaran dan Pengawasan Serta Pembuatan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota.
- Orientasi Pengelolaan Dana Reses Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten.
- Pedoman Pelaksanaan Fungsi Fungsi
- Pelayanan Prima Sekretariat DPRD Terhadap Pimpinan dan Anggota DPRD serta Proses Akuntansi Keuangan
- Penguatan Hard dan Soft Skill bagi Anggota DPRD
- Pedoman Nomenklatur Sekretariat
- Teknis dan Metode Penyusunan SOP Sekretariat Dprd dalam Rangka Mendukung Kinerja Pelayanan yang Sistematis dan Efaktif.
- Optimalisasi Peran dan Fungsi DPRD dalam Bidang Legislasi, Budgeting dan Pengawasan yang orientasi pada Kepentingan Rakyat.
- Optimalisasi Peran Dan Fungsi Badan Legislasi DPRD Dalam Pembentukan Dan Program
- Prosedur Dan Mekanisme Pelaksanaan Perjalanan Dinas Dan Kegiatan Reses
- Peningkatan Kapasitas Dan Kapabilitas Aparatur Sekretariat DPRD Terhadap Manajemen Persidangan, Risalah/
- Optimalisasi Tugas Pokok dan Fungsi Lembaga Kesekretariatan DPRD Terkait Dengan Kedudukan Keuagan Protokoler DPRD.
- Peningkatan Kapasitas Dan Kapabilitas Serta Peran dan Fungsi Aparatur Sekretariat DPRD Dalam Menunjang Kegiatan Dewan.
- Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten Dan Kota Berdasarkan PP No. 12/2018.
- Bimtek Pedoman Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 Berdasarkan Permendagri Nomor 40 Tahun 2020.
- Peningkatan Kapasitas Dan Kapabilitas Serta Peran dan Fungsi Aparatur Sekretariat DPRD Dalam Menunjang Kegiatan Dewan.
- Sosialisasi Perpres Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Standar Harga Satuan Regional (SHSR).
- Mekanisme Pemberian Hibah Dan Bantuan Sosial Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Pasca Terbitnya Permendagri Nomor 99 Tahun 2019.
- Materi Selanjutnya
- Peran DPRD Dalam Perencanaan Dan Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah Serta Penyusunan LKPJ, LPPD Dan EKPPD.
- Implementasi Permendagri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan
- Optimalisasi Tugas Pokok & Fungsi Lembaga Kesekretariatan DPRD Terkait dengan Kedudukandan Keuangan Protokoler
- Optimalisasi reses & pokok pikiran DPRD hasil Jasmara ( Penjaringan Aspirasi Masyarakat ).
- Contoh Optimalisasi Fungsi dan Wewenang dalam Proses Penyusunan dan Penetapan APBD
- Bidang Optimalisasi peran DPRD dalam perencanaan dan evaluasi kinerja pembangunan daerah
- Untuk Bimtek Optimalisasi Tugas dan Tanggung Jawab Alat Kelengkapan
- Tata cara Orientasi Pengelolaan Dana Hibah Dan Dana Bantuan Sosial Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten
- Petunjuk Peningkatan kapasitas, peran dan fungsi anggota DPRD
- Hasil Peran Bamus, Balegda, dan Badan Kehormatan dalam Meningkatkan Kinerja DPRD
- Bimtek Tata Cara Penyusunan dan Pengelolaan serta Proses Akuntansi Keuangan DPRD dan Sekretariat
- Bimbingan teknis Optimalisasi Peran DPRD Dalam Penganggaran dan Pengawasan Serta Pembuatan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota
- Orientasi Pengelolaan Dana Reses Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten
- Pedoman Pelaksanaan Fungsi Fungsi DPRD
- Pendidikan Pelayanan Prima Sekretariat DPRD Terhadap Pimpinan dan Anggota DPRD
Bimtek DPRD 2024
Dalam rangka peningkatkan kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi dan Kab/Kota, bermaksud menyelenggarakan Orientasi dan Pembekalan untuk Anggota dan Sekretariat DPRD, untuk itu kami dari Lembaga Pendidikan Pelatihan Pemerintahan Daerah (LP3D) Bersama Para Pakar dan Nara Sumber akan mengadakan Bimtek dprd Tingkat Nasional tersebut.
KONFIRMASI PENDAFTARAN:
Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Pemerintah Daerah (LP3D)
- Sekretariat: Jl.Kalibaru Barat No.7 Jakarta Utara
- Email: materibimtek1212@gmail.com
- Hp: 0821-5255-5525
- Wa: 0821-5255-5525
CATATAN:
Kontribusi:
- 4.500.000 (Bagi Peserta Yang Menginap)
- 3.500.000 (Bagi Peserta Yang Tidak Menginap)
Fasilitas Peserta:
- Pelatihan Selama 2 hari.
- Menginap 3 malam Twin share(Bagi peserta Yg Menginap).
- Tanda Peserta Bimtek.
- Konsumsi (Breakfas 3x, Coffee Break 2x , lunch & Dinner) Selama Bimtek Berlangsung.
- Kelengkapan Bimtek(Pena/Pensil,Note Book dan Makalah serta SERTIFIKAT BIMTEK).
- Tas Ransel Eksklusif-Konfirmasi Selambat-lambatnya Lima Hari Sebelum Hari Pelaksanaan.
Jadwal Bimtek Lp3d Tahun 2024